PANTAI KUNIR NAN ELOK

PACITAN - Siapa sih yang ga kenal pacitan di kota yang dikenal dengan sebutan kota 1001 goa ini sangat terkenal seantero negri ini bagaimana tidak presiden kita dari periode 2004 - 2014 Bapak SBY adalah putra daerah kota ini. Namun kali ini kita bahas tempat wisatanya aja ya, ni perjalananku yang pertama dikota pacitan mengunjungi pantai KUNIR,
mungkin ada yang pernah mendengar nama pantai ini? letaknya cukup jauh diujung timur pacitan. Perjalanan saya mulai dari banjarsari kota solo lebih tepatnya di ujung utara kota solo yang berbatasan langsung dengan kabupaten karanyanyar. Pada perjalanan ini saya hanya berdua bersama teman saya, kami mengendarai sepeda motor berboncengan berdua

Perbekalan cukup sederhana karena kami berencana langsung pulang pada sore harinya, saat
perjalanan dimulai waktu menunjukan pukul 07.00WIB. Dimulai dari banjarsari kami menuju ke sukoharjo melewati jalanan kota, disepanjang jalan jalanan cukup ramai dikarenakan pada saat kami berangkat adalah hari rabo dimana ini bukanlah hari libur jadi banyak pengendara yang berangkat kerja dan mungkin banyak juga anak sekolah.
Dari sukoharjo kami menuju kabupaten wonogiri melewati gapura yang menandakan kami memasuki kabupaten wonogiri. Dimana dikanan dan kiri kita bisa memandang pemandangan yang asri disepanjang jalan ini, pada perjalanan ini kita mengikuti arah menuju ke baturetno.

Di sepanjang jalan ini kita akan disuguhkan pemandanhgan yang menakjubkan karena disampingnya banyak hutan dan sawah yang masih asri khas pemandangan dipedesaan. Selain itu jalanan di sini juga agak ekstreeme dimana banyak jalan yang agak rusak dan adanya jalanan yang menenjak khas pegunungan, yang pasti perjalananya akan sangat seru sekali bagi yang belum pernah kesini jangan kawatir.

Keluar dari kota wonogiri kita akan menuju ke kota pacitan disini jalan akan mulai lebih nyaman karena jalannya yang lebar dan mulus tapi perlu diingat ya kita tetap harus berhati - hati dalam berkendara. Sampai ada penunjuk jalan di pertigaan dimana kalo belok kiri kita menuju pantai teleng ria dan kalo lurus kita menuju kota maka kita pilih yang menuju kota

Sampai disini kita harus berhati - hati karena jalan disini agak sempit dan banyak tikungan dengan turunan yang tajam sampai ada gapura selamat datang kota pacitan, dari sini kita mengikuti jalanan sampai bertemu lampu merah kita ambil jalan lurus menuju pantai KUNIR.

Setelah lampu merah kita akan bertemu jembatan ARJOWINANGUN yang sudah kepacitan pasti tau jembatan ini, dari sini ada 2 jalan menuju pantai kunir setelah jembatan kita ambil kanan atau dari jembatan ikutin jalan sampai jalan habis dan ambil kiri. Pada kali ini kami ambil jalan lurus dan belok kiri dimana lewat jalan ini kita akan melewati perbukitan dengan jalan yang tidak terlalu lebar jalanan menanjak dan berkelok - kelok.

Kurang lebih dari start kita berangkat menuju pantai ini akan memakan waktu kurang lebih 3 - 3,5 jam saja. setelah mengikuti jalan ini kita akan dihadapkan pertigaan dimana jika belok kanan kita akan menuju pantai SOGE dan jika kekiri kita akan menuju kota TRENGGALEK. Dipertigaan itu kita ambil kiri kurang lebih 10 menit kita akan sampai penunjuk jalan menuju pantai KUNIR perlu diingat dipantai ini sangat asri belum banyak wisatawan yang menuju kesini maka dari itu disini juga belum ada pedagang saya sarankan supaya sebelum menuju kesini sebaiknya membawa bekal yang cukup.

Sampai di sini jalanan masuk menuju pantai tidaklah mulus ibarat kata berakit - rakit kehulu bersenang - senang kemudian kita melalui jalanan terjal demi melihat sebuah pemandangan yang indah, Tidak sampai 30 menit kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa hamparan padang rumput.

Selain padang rumput disampingnya terdapat banyak kandang ternak milik penduduk dan yang ga kalah bagusnya terdapat danau yg airnya jernih sekali

Kita bisa bermain air didanau ini jika arus ombak dipantai sangat deras menurut warga sekitar akan sangat berbahaya jika kita berenang pada saat arus besar, menurut mereka beberapa bulan yang lalu ada orang yang terbawa arus disana. Jadi yang ga mau kena resiko itu mendingan bermain di sini saja.

Berikut penampakan pantai kunir pantai sepanjang 500meter ini dimana disini masih sangat asri karena belum banyak pengunjung yang berada disini

Puas bermain - main disini tak terasa waktu sudah menunjukan jam 16.00WIB waktunya bersiap - siap untuk kembali ke kota solo. Singkat cerita kami sampai dikota solo sekitar jam 20.00WIB dimana itu sudah sambil istirahat makan, solat dan isi bensin di SPBU.

Demikian tulisan saya tentang pantai KUNIR selanjutnya saya akan bahas mengenai keelokan pantai pacitan lainnya. Tulisan berikutnya keelokan PANTAI TAMAN.

Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.