PANTAI TAMAN

PANTAI TAMAN

Pada artikel sebelumnya saya membahan perjalanan menuju pantai KUNIR atau yang belum membaca bisa dilihat disini dan kali ini saya akan membahan pantai taman dimana perjalanannya hampir sama. Pantai taman sendiri terletak di Desa Hadiwarno, Ngadirojo-Pacitan Jawa Timur. Apa yang menarik dipantai ini sehingga saya tertarik mengunjunginya?
mungkin itu menjadi pertanyaan bagi para pembaca sekalian, tapi ga usah ragu mengunjungi objek wisata ini karena sungguh keindahannya mempesona sekali. Dari jalan lintas selatan acitan mungkin pantai ini tidak begitu terlihat karena pantai ini tertutup oleh perbukitan, tapi tak usah kawatir karena dari jalan ada penunjuk jalan menuju pantai yang menawan ini.

Seperti biasa perjalanan kami lakukan dari kota solo lebih tepatnya solo bagian utara, perjalanan akan melalui pusat kota solo menuju kabupaten sukoharjo, kemudian melewati kabupaten wonogiri dimana selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan persawahan. Selanjutnya setelah memasuki kab wonogiri kita mengikuti penunjuk arah menuju ke purwantoro bagi yang tidak tau arah menuju pacitan jangan kawatir karena jalur ini adalah jalur bus jika pembaca belum faham jalur ini bisa mengikuti bus menuju kota pacitan

Saat mendekati kota pacitan tentunya disana sudah ada beberapa objek wisata diantaranya yaitu jalur anak panah menuju goa gong, pantai klayar pantai teleng ria dll namun kali ini tujuan kami adalah menuju pantai taman. Jadi kami terus mengikuti jalanan yang berkelok - kelok dan menurun sampai akhirnya kami bertemu dengan gapura kota pacitan, kami terus mengikuti jalan sampai kami bertemu perempatan yang ada lampu merahnya kami lurus sampai bertemu dengan jembatan besar dari jembatan kira - kira jarak 200 meter akan ada pertigaan maka kami belok kanan yang kami ketahui nama jalan tersebut adalah lingkar selatan pacitan.

Saat melalui jalanan ini jalan yang halus kira - kira kita menempuh perjalanan 30 menit maka kita akan sampai ke pantai soge pantai yang ditandai dengan adanya jembatan soge yang berwarna biru, dari soge ini menuju pantai taman kira - kira membutuhkan waktu 10 menit saja dengan cara kita mengikuti jalan nanti disebelah kanan jalan akan ada penunjuk arah pantai taman, oh iya pantai ini dari jalan memang tidak terlihat karena tertutup perbukitan 


Dalam perjalanan kali ini saya bersama rombongan sejumlah 4 orang dengan menggunakan 2 motor saling berboncengan, sampai digerbang masuk kami dihadapkan dengan putihnya pasir pantai khas pacitan dimana sebelum masuk kita akan dikenakan retribusi sebesar 7.500 per motor berarti kami membayar 15.000 untuk 2 motor rombongan kami. Mungkin pada saat pembaca kesini untuk tiket masuk dll bisa saja harganya berubah biaya yang saya tuliskan adalah biaya dimana kami melakukan perjalanan ini




Hamparan pantai yang indah dengan sedikitnya pengunjung membuat pantai ini serasa milik sendiri fasilitas dan apa aja yang ada disana tentu sangat menarik dibahas, diantaranya adalah adanya kolam renang di bibir pantai ini, yang hoby berenang ato sekedar melepaskan lelah setelah bermain air laut kita bisa berenang disini apabila kita bersama sanak keluarga akan sangat membantu karena jika kita kawatir anak - anak berenang dilaut maka ada solusi alternatif untuk berenang dikolam ini.


Selain kolam renang kita juga bisa masuk kepenangkaran penyu dan jika musim bertelur kita bisa melepas tukik - tukik kelepas pantai, namun pengelola penangkaran ini memberi harga pertukik yang kita lepaskan. Pada saat saya kesana sekitar bulan desember saat itu bukan musim penyu bertelur dimana saya tanyakan untuk pelepasan tukik per ekornya mencapai harga 100.000. Tapi jangan kawatir jika anda berniat melakukan pelepasan tukik anda bisa datang sekitar bulan juli - agustus dimana saat itu adalah musim bertelur dan harga per tukik hanya 15.000 saja cukup terjangkau untuk sekedar backpackeran 



Dan yang paling seru dipantai ini menurut saya adalah flyingfox yang dimulai dari atas bukit dimana pemandangannya sangat mempesona ibarat lukisan tapi dalam kenyataan. Namun sebelumnya pengunjung harus rela naik bukit yang lumayan tinggi untuk mencapai tempat ini. Namun rasa lelah terbayarkan ketika kita berada dipuncak. Demikian pengalaman saya mengunjungi pantai taman pacitan semoga tulisan ini bisa membuat pencerahan bagi yang ingin berwisata. Dan tak lupa saya sampaikan untuk tetap berhati - hati dalam perjalanan menuju temppat wisata.

Puas bermain - main dipantai ini tak terasa waktu begitu cepat berlalu sehingga kami memutuskan untuk pulang menuju ke solo namun sebelum melanjutkan perjalanan kami berencana untuk mampir sekedar mngisi perut kami yang lapar karena asik bermain seharian, kami putuskan untuk mampir disebuah warung kecil milik penduduk yang menurut saya disana menunya sangat lengkap sekali dan juga masakannya enak.

Setelah puas mengisi perut maka kami lanjutkan perjalanan menuju ke kota solo melewati jalanan yang kami lewati saat kami berangkat tadi.

Demikian yang dapat saya tuliskan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.




No comments:

Post a Comment